Kamis, 04 Agustus 2011

Misteri di Masjid Jami' Air Tiris Kampar

Kabupaten Kampar merupakan salah satu daerah di Provinsi Riau yang memiliki banyak objek wisata. Mulai dari wisata alam, budaya hingga religi atau rohani. Nah, jika Anda berwisata ke bumi “Serambi Mekkah”-nya Riau itu, jangan lupa bertandang ke Masjid Jami di jalan Pasar Usang desa Tanjung Barulak, kecamatan Kampar.

Cerita tentang Islam pun akan “mengalir” dari bangunan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda, tepatnya tahun 1901 Masehi. Rumah ibadah ini memiliki banyak keunikan. Semua bahan bangunannya berasal dari kayu. Dalam pembangunannya, sama sekali tidak menggunakan paku, melainkan hanya pasak kayu.

Muhammad Ali selaku salah seorang pengurus Masjid Jami' Air Tiris pun mulai membuka pembicaraan dengan Nuansa Wisata Riau. Menurutnya, di balik keunikan arsitek bangunannya, masjid tersebut ternyata memiliki banyak kisah menarik. Termasuk kisah mengandung unsur “mistik”.

Dan sampai era kemerdekaan sekarang ini, keberadaan masjid tersebut masih menjadi sebuah misteri yang tak terpecahkan. Anehnya, meskipun telah beberapa kali dilakukan penelitian, namun misteri itu belum terpecahkan juga.

Alkisah, dia pun menuturkan sekilas tentang sejarah masjid yang kini jadi salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Kampar. Disebutkan, pada zaman penjajahan tempo doeloe, Belanda sempat beberapa kali berusaha membakar masjid tersebut. Namun upaya jahat itu tak pernah berhasil.

Rasanya tak mungkin Belanda tidak bisa membumihanguskan masjid bersejarah itu. Apalagi mengingat kekuatan dan armada mereka (Belanda) yang kala itu sangat mumpuni. Artinya dengan kekuatan yang dimiliki Belanda saat itu, sebenarnya mereka sangta gampang untuk menmbakar masjid itu. Tapi itu tak bisa dilakukan. Inilah yang hingga kini masih misteri.

Selain keunikan masjid, tetunya ada lagi yang cukup mendapat perhatian bagi setiap saja yang berkunjung ke masjid tersebut. Di sana akan ditemui sebuah bak air tempat tempat wudhu. Di dalam bak ini terdapat batu berbentuk kepala kerbau.

Konon, batu besar berbentuk kepala kerbau itu selalu berpindah-pindah posisi. Kadang posisinya berada di sudut tertentu, kemudian sudah berganti posisi ke sudut lain tanpa ada yang memindahkannya. Ya, sepertinya agak mengandung mistik.

Muhammad Ali juga mengakui hal itu. Bahkan dia mengaku pernah suatu ketika mendapati batu berbentuk kepala kerbau itu sudah berad di dalam sumur masjid berkedalaman delapan meter. Setelah itu, beberapa hari kemudian, batu ini sudah kembali ke atas.

Dia sendiri tak yakin ada orang yang sengaja memindahkannya dari dalam sumur ke atas. Soalnya batu itu lumayan berat mencapai puluhan kilogram. Jadi, rasanya tak mungkin orang segampang itu memindah-midahkannya. Apalagi, peristiwa seperti itu berulang kali terjadi sejak dulu. Ringkasnya, batu berbentuk kepala kerbau itu selalu berpindah-pindah.

Selain itu, air bening yang ada di bak yang di dalamnya terdapat batu berbentuk kepala kerbau itu juga memiliki cerita mitos. Percaya atau tidak, konon siapa saja yang meminum atau mengusap air itu untuk maksud tertentu, akan terkabul. Jadi, tak salah Anda untuk mencobanya. Tapi jangan syirik loh.

Kemudian ada juga tentang sejarah nyaris tengelamnya masjid itu pada zaman dahulu. Meskipun semua tempat dan rumah penduduk yang ada di sekitarnya hampir semuanya terendam banjir, tapi masjid itu terhindar dari bencana.

Menariknya, tempo itu ketinggian air sempat merendam rumah yang umumnya berpanggung. Tapi ketika air banjir mendekati masjid, air itu selalu membelok ke arah bawah. Air tak pernah masuk ke dalam masjid. Hal itu disaksikan sendiri oleh Muhammad Ali.

Sekedar tambahan saja, bentuk arsitektur bangunan masjid Jami’ Air Tiris, Kampar akan terus dipertahankan terus bentuk keaslianny. Jika Anda sampai di sana, dinding masjid terbuat dari papan berukir akan Anda temui. Bahkan tiang empatnya masih ada bekas tarahan seperti awal pembangunannya.

Oleh masyarakat tempatan, masjid ini dianggap keramat. Tak heran, hingga kini banyak wisatawan baik lokal, Nusantara atau mancanegara yang berkunjung ke sana. Dari lua negeri, umunya wisatawan tersebut berasal dari Singapura dan Malaysia.

Para wisatawan ini sengaja datang ke Masjid Jami tersebut untuk membayar nazar dan sekalian mandi di sumur yang konon mengandung mistik. Umumnya wisatawan banyak mengunjungi asjid ini pada saat Ramadhan dan pada hari raya Puasa Enam.

Di masjid yang didirikan masyarakat Air Tiris yang waktu itu dipimpin Engku Mudo Sangkal (seorang yang sangat dihormati dan panutan kampung), para wisatawan, khususnya yang Islam selalu menyempatkan diri untuk shalat. Dan tak heran, pada waktu tertentu tersebut, suasana di dalam masjid dan sekitar masjid selalu ramai sebagaimana arti Jami’ sendiri adalah ramai atau selalu ramai atau selalu dikunjungi.

Begitulah sekilas tentang sejarah dan misteri Masjid Jami’ Air Tiris. Jadi, jika Anda berkunjung ke Kabupaten Kampar, jangan lupa singgah ke Masjid Jami”. Rasanya tak lengkap jika tak mengunjunginya meskipun hanya sejenak. Amien-NWR (lihat fotonya di bawah)

1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/bertengkar-dengan-pasangan-lakukan-ini.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/india-hingga-rusia-8-negara-penghasil.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/dapat-protes-film-baru-raffi-ahmad-dan.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus